Mengganti muffler adalah cara paling umum untuk meningkatkkan performance kendaraan, ada yang berhasil meningkatkan performance dengan indikator feeling sendiri sampai dengan indikator yang terkalibrasi semacam dyno test.
Beberapa orang menganggap suara knalpot standar pabrikan dirasa kurang
memanjakan telinga bahkan malah tidak terdengar sama sekali dari dalam kabin dan kurang keren katanya. Banyak pengguna mobil yang mengganti sistem buangan gas mobil idamannya dengan custom sesuai keinginan, ada yang hanya mengganti muffler/knalpot (ujung exchaust) saja, ada yang mengganti muffler dan filter tengahnya dengan resonator sampai dengan header-nya.
memanjakan telinga bahkan malah tidak terdengar sama sekali dari dalam kabin dan kurang keren katanya. Banyak pengguna mobil yang mengganti sistem buangan gas mobil idamannya dengan custom sesuai keinginan, ada yang hanya mengganti muffler/knalpot (ujung exchaust) saja, ada yang mengganti muffler dan filter tengahnya dengan resonator sampai dengan header-nya.
Sekedar sharing saja, ada beberapa hal yang harus dipahami untuk menentukan tujuan dan alasan kita mengganti exchaust standar.
1. Dasar
Yang harus diupayakan dalam sistem pembuangan adalah membiarkan / membebaskan pelepasan "nafas" dengan mengurangi backpressure dan meningkatkan pembuangan dengan cepat diruangan yang sempit (pipa) dari mesin sampai ujung knalpot, kira-kira begini gambarannya yang saya dapat dari internet bebas.
1. Dasar
Yang harus diupayakan dalam sistem pembuangan adalah membiarkan / membebaskan pelepasan "nafas" dengan mengurangi backpressure dan meningkatkan pembuangan dengan cepat diruangan yang sempit (pipa) dari mesin sampai ujung knalpot, kira-kira begini gambarannya yang saya dapat dari internet bebas.
2. Muffler / Knalpot
Saya yakin hampir semua pemilik mobil yang suka modif khususnya mobil timor yang knalpot standarnya masih nempel, pasti ingin cepat ganti knapot racing agar suaranya bisa terdengar dari dalam ataupun luar kabin dan terdengar gagah, gak salahkok sah-sah aja, tinggal sesuaikan aja sama budjet trus ke kang knalpot deh tinggal pilih mau suara bass bulat, bass cepreng atau suara yang rpm bawah/idle nyaris tak terdengar tapi rpm atas teriak atau rpm bawah maupun atas tetep bikin orang nengok dan kesel..hehe
Knalpot standar yang ada menurut saya memang di desain untuk meredam dan meminimalisir emisi suara yang dihasilkan agar sesuai standar yang di tetapkan Menperindag dan Kepolisian (peraturannya ≤ 95db CMIIW) dan bisa dijual ke konsumen.
Saya yakin hampir semua pemilik mobil yang suka modif khususnya mobil timor yang knalpot standarnya masih nempel, pasti ingin cepat ganti knapot racing agar suaranya bisa terdengar dari dalam ataupun luar kabin dan terdengar gagah, gak salahkok sah-sah aja, tinggal sesuaikan aja sama budjet trus ke kang knalpot deh tinggal pilih mau suara bass bulat, bass cepreng atau suara yang rpm bawah/idle nyaris tak terdengar tapi rpm atas teriak atau rpm bawah maupun atas tetep bikin orang nengok dan kesel..hehe
Knalpot standar yang ada menurut saya memang di desain untuk meredam dan meminimalisir emisi suara yang dihasilkan agar sesuai standar yang di tetapkan Menperindag dan Kepolisian (peraturannya ≤ 95db CMIIW) dan bisa dijual ke konsumen.
Kebayang kan udara yang akan dikeluarkan di putar - putar dulu dan di persempit lewat celah pipa didalam tabung knalpot sebelum dikeluarkan.
3. Resonator
setelah muffler diganti tapi suara dan performancenya dirasa kurang nendang, maka ada beberapa pilihan yaitu dengan mengurangi resonator standar mobil anda, khusus timor resonatornya ada 2 buah sisakan 1 silahkan ngolong dibawah jok penumpang depan ada 2 tabung oval kalau tinggal 1 atau malah udah ga ada berarti udah di copot sama majikan sebelumnya, jika belum puas juga dengan suara yang dihasilkan silahkan lepas semua resonator standar anda dengan yang custom free flow, dijamin suara knalpot anda akan teriak.
setelah muffler diganti tapi suara dan performancenya dirasa kurang nendang, maka ada beberapa pilihan yaitu dengan mengurangi resonator standar mobil anda, khusus timor resonatornya ada 2 buah sisakan 1 silahkan ngolong dibawah jok penumpang depan ada 2 tabung oval kalau tinggal 1 atau malah udah ga ada berarti udah di copot sama majikan sebelumnya, jika belum puas juga dengan suara yang dihasilkan silahkan lepas semua resonator standar anda dengan yang custom free flow, dijamin suara knalpot anda akan teriak.
3. Header
Header ini adalah awal dari sistem pembuangan gas dari dalam mesin dan jumlahnya berbeda sesuai dengan jumlah silinder mesinnya. header ini yang nantinya akan menyatukan semua gas buangan yang keluar dari tiap silinder mesin dan menyatukannya dalam satu pipa yang akan melewati resonator dan akan terbuang bersamaan lewat ujung knalpot. Khusus timor headernya berawal 4 karena sampai saat ini silinder timor belum nambah dari 4 silinder menjadi 8 silinder, header timor aslinya tertutup sama cover di depan mesin dengan tulisan "hot, do not touch" beberapa sudah tidak ada covernya, tapi bukan berarti boleh di pegang ya..hehe
Dalam kebutuhan khusus macam ajang balap resmi atau balap harian lawan bus atau metro mini contoh type header standar timor akan di ubah menjadi 4-2-1 atau 4-1 atau type lainnya sesuai dengan karakter mesinnya, jika anda menginginkan type header yang sesuai dengan karakter mesin mobil anda maka silahkan konsultasikan dengan mekanik kepercayaan anda untuk mensetting sesuai kebutuhan mobil kesayangan anda.
Silahkan memodifikasi knalpot sesuai selera anda asal tidak terlalu menggangu pengendara lain atau bahkan menggangu penumpang dan anda sendiri didalam kabin. Tapi saat anda sedang tidak akur dengan pasangan atau pasangan lagi ngomel di kursi penumpang, maka suara knalpot yang menggelegar sangat dibutuhkan :)
-enjoy your drive, keep safety-
Header ini adalah awal dari sistem pembuangan gas dari dalam mesin dan jumlahnya berbeda sesuai dengan jumlah silinder mesinnya. header ini yang nantinya akan menyatukan semua gas buangan yang keluar dari tiap silinder mesin dan menyatukannya dalam satu pipa yang akan melewati resonator dan akan terbuang bersamaan lewat ujung knalpot. Khusus timor headernya berawal 4 karena sampai saat ini silinder timor belum nambah dari 4 silinder menjadi 8 silinder, header timor aslinya tertutup sama cover di depan mesin dengan tulisan "hot, do not touch" beberapa sudah tidak ada covernya, tapi bukan berarti boleh di pegang ya..hehe
Dalam kebutuhan khusus macam ajang balap resmi atau balap harian lawan bus atau metro mini contoh type header standar timor akan di ubah menjadi 4-2-1 atau 4-1 atau type lainnya sesuai dengan karakter mesinnya, jika anda menginginkan type header yang sesuai dengan karakter mesin mobil anda maka silahkan konsultasikan dengan mekanik kepercayaan anda untuk mensetting sesuai kebutuhan mobil kesayangan anda.
Silahkan memodifikasi knalpot sesuai selera anda asal tidak terlalu menggangu pengendara lain atau bahkan menggangu penumpang dan anda sendiri didalam kabin. Tapi saat anda sedang tidak akur dengan pasangan atau pasangan lagi ngomel di kursi penumpang, maka suara knalpot yang menggelegar sangat dibutuhkan :)
-enjoy your drive, keep safety-
Mas harganya brp?
BalasHapus