Beberapa waktu lalu ketika ingin mengajak jogging dengan
timi ada yang aneh tidak seperti biasanya, saat sedang memanasi timi dan
menyalakan AC terdengar bunyi ngorok didalam kap mesin, setelah di cek dan ditelusuri ternyata sumber bunyi ngorok
dari fan cooling (fan radiator). Disamping itu diikuti juga dengan overheat
dengan indikator suhu lebih dari normal pada saat AC off pas di intip di bagasi ternyata fan ga muter saat temperatur
maksimal tercapai, kecurigaannya ialah fan telat muter atau memang sudah mokat ?
Kalau sudah terjadi kondisi seperti diatas ada beberapa hal
yang harus diperhatikan di sistem pendinginnya terutama pada relay yang
bertugas memutus dan menyambung arus ke motor fan dan motor fan itu sendiri
yang minta diganti karena sudah sekarat.
Alhasil rencana jogging dengan timi batal dan diganti dengan mengganti motor fan yang sudah sekarat tersebut.
Persenjataan yang dibutuhkan ialah :
- Kunci pas no. 10
- Tang buaya
- Baut ukuran 10 dan 8 masing masing 4 buah (optional)
- Sealent
- Air radiator
- Obeng plus-minus
- Rokok
- Kopi item
- Relay fan cooling
- Dan jangan lupa motor fan
Setelah semuanya siap mari beraksi :
- Minum kopi yang tersedia dan hisap 1 batang rokok
- Lepas soket motor fan dari sumber listrik
- Buka selang radiator atas menggunakan tang buaya (buka klem) dan tarik selangnya
- Lalu lepaskan fan dari radiator dengan membuka 4 buah baut ukuran 10, 2 baut di atas dan 2 buah baut di bawah untuk 2 baut dibawah tidak usah ngolong cukup di raba dan di terawang saja
- Setelah fan lepas dari radiator pisahkan baling-baling dari motor dengan melepas kancing penguncinya
- Lepaskan motor radiator dari rumah fan dengan membuka 3 buah baut ukuran 10. Dalam beberapa kasus ada motor fan yang dudukannya menggunakan baut ukuran 8.
Usahakan saat mengganti motor fan kondisi radiator dan mesin
dalam keadaan dingin, untuk mengurangi resiko terkena air panas radiator dan
menyentuh mesin yang panas. Saat akan memasang selang radiator atas sekalian dibersihkan
sisa sealent (jika ada) yang masih menempel dan berikan sealent baru di bagian luar
pipa radiator jangan di dalam selangnya, ini untuk mencegah sealentnya masuk
dalam sirkulasi air radiator dan menyumbatnya dan tambahkan air radiator sampai terisi penuh.
Karena tadi curiga relay fan-nya mati maka sekalian saja ganti
relay yang lama dengan yang baru, letaknya di dalam box sekering sebelah
kanan dan sila habiskan kopi dan nyalakan rokoknya.
Selamat mencoba.
Artikel dibuat tanpa bermaksud menggurui namun hanya berbagi
ilmu yang tidak seberapa ini dibanding dengan mastah-mastah di luar sana.
-keep safety, enjoy your drive-
infonya sangat mengena dengan apa yang selama ini menjadi pertanyaan saya. terima kasih banyak sudah membagi ilmunya selaput dara buatan
BalasHapus