Hai... Para Pecinta Mobil Timor, Selamat datang di TITAF (Timor Tangerang Family) :: Ingin bergabung bersama TITAF silahkan klik disini

Kamis, 04 September 2014

Salah Satu Penyebab Overheat


Beberapa waktu yang lalu tim redaksi titaf.net mendapat email pertanyaan mengenai overheat pada mobil timor milik seorang pembaca setia, berawal saat timor miliknya mengalami overheat pertama kali yaitu saat pulang dan sudah dekat rumah dengan kondisi jalan sempit dan kecepatan kurang dari 20km/jam (lagi show off) ternyata tanpa sadar terdengar suara raungan mobil lebih keras dari biasanya setelah melihat indikator temperatur, alamak... hampir nyentuh batas maksimal..!! Dengan kondisi panik karena baru pertama kali mobil timor kesayangan ini overheat dan terdengar suara mendesis dari tabung penampungan air radiator dan air tumpah (diemin trus tinggal tidur...)


Dilihat dari kasus tersebut divisi tehnik titaf.net menginvestigasi ada beberapa kemungkinan overheat diantaranya kipas motor fan lemah, motor fan mati (memang sudah ajalnya atau sekringnya putus), terganggunya thermoswitch (kotor atau rusak), cairan dalam radiator habis (kemungkinan bocor), waterpump rusak, dan bisa jadi karena radiatornya mampet.

Seperti halnya dokter akan memberikan perbaikan mulai dari yang ringan dahulu yaitu penggantian motor fan. Setelah motor fan diganti ternyata radiator kembali normal saat diajak joging dan jalanan lancar namun overheat kembali saat kondisi jalan tersendat dan macet total, maka indikator temperatur langsung naik melebihi normalnya setengah kurang sedikit.

Karena motor fan sudah diganti baru maka investigasi berikutnya ialah radiator mampet gak lancar, setelah coba dicek dengan membuka tutup radiator saat mesin hidup air didalam radiator langsung muncrat keatas, normalnya air  terhisap pada saat gas di naikkan.

Mampetnya jalur radiator ini bisa disebabkan kurang merawat radiator yang berakibat dengan terganggunya siklus pertukaran air panas dalam mesin dan air dingin di dalam radiator.


Setelah radiator di korok dengan biaya Rp. 175.000 di kang radiator, maka radiator siap di pasang dan di tes dan ternyata air terhisap tidak muncrat. Pengujian berikutnya ialah macet setelah mengalami macet selama 15 menit awal indikator temperatur tetap normal, berarti masalah overheat sudah solve.

Radiator adem pikiran adem..hehe

_enjoy your drive, keep safety_


Tidak ada komentar:

Posting Komentar